Ingin Pengajuan Kredit Mobil Anda Disetujui? Ikuti 5 Tips Ini!

Posted by KarimGanas on Juli 14, 2020 in ,

Tersedianya berbagai perusahaan pembiayaan terpercaya di Indonesia seperti perusahaan pembiayaan kendaraan Mitsubishi, misalnya, tentu semakin memudahkan Anda dalam mendapatkan mobil impian. Sayangnya, impian memiliki mobil yang sudah diincar terkadang harus kandas akibat pengajuan kredit pembelian mobil ditolak.

Tentu Anda tidak ingin mengalaminya, kan? Untuk itulah, perhatikan 5 tips berikut ini agar dapat terhindar dari hal tersebut:

1. Kunjungi dealer mobil. Pertama, Anda bisa mulai dengan mengunjungi dealer mobil di kota Anda. Selain mencari mobil yang ingin Anda miliki, Anda juga perlu memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan informasi penting, terutama mengenai program pembiayaan atau kredit mobil. Misalnya saja terkait dengan berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai pengajuan kredit disetujui, berapa lama tenor yang harus dibayarkan setiap bulan, hingga promo menarik jika melakukan pembelian dengan sistem kredit.

2. Pertimbangkan Harga dan Kebutuhan. Pastinya, Anda juga perlu menyesuaikan harga mobil dengan budget Anda. Dengan begitu, Anda bisa memastikan dengan jelas jika harga mobil tersebut benar-benar sesuai dengan kemampuan Anda. Di samping itu, Anda juga perlu menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda memilih mobil sesuai jumlah orang yang akan menggunakannya sebagai contoh Anda yang butuh mobil keluarga untuk antar-jemput anak sekolah setiap hari dan kerja, dan memiliki 2 orang  anak, tentu membutuhkan mobil keluarga dengan jumlah kapasitas penumpang 4-5 (di luar kursi pengemudi), plus ruang bagasi yang cukup lega.

3. Pilih perusahaan pembiayaan resmi. Cari tahu apakah perusahaan pembiayaan mobil tersebut resmi dengan memastikan bahwa status perusahaan sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Anda bisa juga mengeceknya melalui website resmi OJK untuk mengonfirmasi status perusahaan tersebut.

4. Perhatikan skema cicilan. Sudah menemukan mobil yang cocok dengan Anda dan perusahaan pembiayaan yang pas? Sekarang, saatnya Anda melakukan perhitungan untuk skema cicilan dengan bantuan perusahaan pembiayaan pilihan Anda.

Secara garis besar, skema cicilan memiliki beberapa aspek penting yang wajib Anda perhatikan dan bayar, yaitu uang muka (DP), tenor atau masa kredit, besar cicilan (angsuran), dan suku bunga. Konsultasikan dengan perusahaan pembiayaan yang Anda pilih untuk menentukan berapa besar cicilan dan tenor yang pas berdasarkan penghasilan bulanan dan pengeluaran Anda.

5. Punya rekening pribadi yang sehat. Faktor yang satu ini bahkan sudah wajib Anda siapkan sedini mungkin. Sebab, baik bank maupun perusahaan leasing akan sangat memerhatikan laporan rekening pribadi Anda dalam membuat keputusan terkait dengan pengajian kredit yang Anda buat, termasuk kredit kendaraan. Tentunya, makin sehat rekening Anda, makin besar peluang pengajuan kredit mobil Anda disetujui.

Tertarik ingin mengajukan kredit mobil? Tak perlu repot cari-cari perusahaan pembiayaan terbaik karena ada Dipo Star Finance yang siap membantu mewujudkan impian Anda membawa pulang mobil idaman!